Mendapatkan Jatah Vaksinasi

“Kami pastikan vaksin Moderna hanya disuntikan hanya kepada nakes sebagai tambahan booster di DIY. Yang lain tidak menerima, saya saja tidak mendapatkan vaksin tambahan ketiga ini, khusus buat nakes dulu. Selanjutnya, kami melakukan percepatan vaksinasi Covid-19 agar segera terbentuk herd immunity nantinya,” tegas Kepala Dinas Kesehatan DIY Pembajun Setyaningastutie. Padahal seharusnya, wilayah Jabodetabek sudah mendapatkan distribusi vaksin Pfizer termasuk Tangsel. “Maka kalau sasaran kita ada 5,three juta , jumlah vaksin yang sudah kami terima itu belum mencapai 10 persen.

Mendapatkan jatah vaksinasi

Ia juga belum mendapatkan informasi kapan vaksinasi di wilayahnya dimulai. Meski demikian, ia memperkirakan pelaksanaan di DIY baru terealisasi pada vaksinasi gelombang kedua. Proses vaksinasi langsung dimonitoring oleh Camat Bususngbiu, I Gede Putra Aryana,S.Sos.,MAP.

Namun demikian, meskipun terkena dampak Covid – 19, tak separah warga yang belum divaksin. Ia berharap, karyawan dan keluarga di rumah bisa segera divaksin untuk menjaga ketahanan imun tubuh dari Covid-19. Namun pihaknya mengimbau bagi warga yang sudah mendapatkan vaksinasi kedua untuk tetap menjaga prokes dan menghindari kerumunan karena penularan masih terjadi. Juru Bicara Pusat Informasi dan Kordinasi Covid-19 Cianjur Yusman Faisal mengatakan kekosongan stok vaksin di Cianjur sudah terjadi sejak dua pekan terakhir. Akibatnya upaya untuk mencapai goal vaksinasi semua kalangan terhambat.

Hal itu disampaikan Terawan saat rapat kerja dengan Komisi IX DPR. Terawan bilang Indonesia memiliki suplai vaksin Covid-19 yang akan didapat melalui aliansi world dalam penemuan dan distribusi vaksin yang disebut COVAX. “Dari COVAX 20% populasi, itu jatuhnya di fifty four juta,” ujar Terawan saat rapat kerja, Kamis (10/12). Istri Bupati Sidoarjo yang akrab dipanggil Sasha ini menjelaskan percepatan dan pendataan vaksinasi terus dilakukan Pemkab Sidoarjo melalui TP PKK Kabupaten bersama Dinas Kesehatan Pemkab Sidoarjo. Yakni dengan menggerakkan kader PKK di Kecamatan dan Desa untuk mendatangi dan mendata warga yang belum mendapatkan vaksin. Info ter- update seputar pendaftaran vaksin bisa dilihat di akun IG puskesmas setempat atau @promkes_klaten. Skrining dapat dilakukan secara mandiri di rumah masing-masing atau di Posyandu lansia/ Posbindu PTM/ Puskesmas, Rumah sakit, Dokter Praktik, atau tempat lain yang disepakati bersama.

“Seandainya telah ditentukan untuk vaksinasi itu waktunya, saya juga tidak terlalu kepikiran begini, dan ini menjadi kendala bagi kami ketika ingin mendapatkan vaksin,” imbuhnya. Dewa Indra dalam kesempatan ini, megapresiasi antusiasme pekerja pariwisata untuk mendapatkan vaksin Covid-19. Mohon bersabar njih, karena alokasi vaksin diberikan untuk yang prioritas terlebih dahulu.

Sementara antusias warga semakin meningkat untuk bisa mendapatkan vaksin. Vaksinasi DPR RI menyasar anggota DPR, keluarga anggota DPR, staf, petugas keamanan hingga petugas kebersihan. Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Gorontalo dr. Yana Yanti Suleman menyebutkan, vaksin akan tiba di Gorontalo dalam waktu dekat, dan pihaknya pun telah menyiapkan tempat penyimpanan khusus vaksin. Namun, Ketua Majelis Ulama Indonesia Jawa Timur Hasan Mutawakkil menyebut bahwa vaksin COVID-19 merek AstraZeneca halal digunakan. Hal ini berbeda dengan fatwa MUI pusat yang menetapkan AStraZeneca haram. Menurutnya, berdasarkan koordinasi yang telah dilakukan bersama Pemprov Jateng, ada keterbatasan jumlah vaksin yang didistribusikan untuk Jateng.

Loafan