7 Tips Memulai Usaha Modal Kecil Berjangka Panjang

Tenaga adalah manpower, tenaga manusia yang menggerakkan semua modal itu. Misal, koki yang memasak, orang yang memasarkan usaha kecil-kecilan, dan lain-lain. Pelaku usaha seringkali salah dalam menentukan kebutuhan seperti sudah memiliki usaha besar saja. Tetapi jika kamu masih mempertahankan pekerjaan utama mereka sembari mengembangkan bisnis kecil sebagai sampingan. Bisnis modal kecil ini cukup mudah untuk kamu jalankan dan menjadi bisnis modal kecil yang menjanjikan yang banyak dilakukan oleh sebagian orang. Seperti yang kita ketahui bahwa setiap orang pasti memiliki sosial media dari berbagai kalangan.

Apabila video yang Anda unggah ramai, bisa saja Anda mendapat penghasilan dari iklan maupun endorsement. Adalah jenis peluang usaha menguntungkan yang bisa dikembangkan di rumah dengan mengandalkan pasar lokal yakni kawasan desa tempat kita tinggal dan sekitarnya. Pendapatan pada model usaha ini berasal dari konsumen yang datang ke rumah kita dan melakukan pembelian produk atau jasa yang kita sediakan. Menariknya, tahun lalu jumlah pelamar kerja diperkirakan meningkat hingga 3x lipat. Jadi, jika kamu punya keahlian dalam bidang desain, ini peluang menjanjikan yang bisa kamu coba karena mereka tentu membutuhkan CV untuk melamar pekerjaan yang baru.

Usaha dengan modal yang sedikit

Cobalah memulai bisnis ini dengan sistem penjualan distributor, di mana Anda tidak perlu menyiapkan modal yang besar. Sediakan saja tempat untuk menampung pakan-pakan ternak tersebut. Untuk modal awal, Anda hanya memerlukan dana sekitar 10 juta rupiah. Jika masih ragu, Anda bisa mempelajari budidaya jamur tiram dari pebisnis yang sudah lebih dahulu bergelut di bidang ini. Setelah paham ilmunya dan punya modal, Anda dapat memulai pilihan bisnis ini. Satu-satunya modal besar yang perlu Anda persiapkan adalah kreativitas.

Memiliki ilmu dan keahlian tertentu ternyata bisa menjadi inspirasi usaha modal kecil yang bisa Anda coba yakni dengan membuka les privat. Hal ini karena sekarang les privat bukan hanya sebatas bimbingan belajar untuk anak-anak sekolah saja. Diantaranya les peralatan musik, les bahasa asing, les pc, les renang dan lain-lain. Sejak saat itu saya tertarik untuk menjalankan bisnis jual beli motor.

Dalam hal ini Anda perlu membatasi jumlah pelanggan yang menjahit baju ke tempat Anda sebagaimana kemampuan yang dimiliki. Namun, jika jasa jahitan pakaian tersebut sudah mulai dikenal dan bertambah banyak peminatnya, Anda bisa membayar orang untuk membantu proses penjahitan tersebut. Peluang usaha sampingan selanjutnya yang bisa Anda jadikan pilihan adalah cuci mobil dan motor. Saking ramainya, tidak heran jika seseorang rela antri hingga berjam-jam untuk memperoleh giliran.

Namun jangan salah, jika salah satu jenis usaha modal kecil untung besar ini kamu tekuni, maka bisa jadi ladang uang yang menggiurkan untukmu, lho. Menjadi reseller atau dropshipper produk toko online juga memiliki prospek menguntungkan dengan modal yang kecil. Kesempatan ini banyak dibuka oleh berbagai provider atau distributor yang tertarik. Tidak sedikit orang yang enggan menekuni bisnis karena anggapan bahwa mereka memerlukan modal yang besar dan tidak ada jaminan keuntungan yang besar pula. Padahal, menekuni bisnis bisa menjadi lahan pendapatan sampingan yang bisa sangat membantu kondisi keuangan Anda, apalagi di masa-masa penuh ketidakpastian. Selain dari pada beberapa jenis usaha kecil bermodalkan uang Rp100 ribu dan Rp500 ribu di atas, ada juga bisnis yang hampir tidak menggunakan biaya.

Loafan